Layanan Whatsapp Disdukcapil Gresik

Layanan Whatsapp Disdukcapil Gresik

Guna memaksimalkan pelayanan di tengah wabah virus corona atau Covid-19, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Disdukcapil Gresik, Jawa Timur, membuka pelayanan via Aplikasi Whatsapp

masyarakat tak perlu antri lagi di kantor disdukcapil sebab dokumen administrasi kependudukan akan diantar ke rumah oleh petugas dari Kantor Pos.

Beberapa pelayanan adminduk yang bisa dilakukan adalah pengajuan

 

 

 

  • e-KTP dan KIA
  • pengajuan perubahan dokumen akta
  • perkawinan atau perceraian
  • pengajuan KK
  • mutasi
  • akta kematian dan kelahiran dan pelayanan data ganda.

 

Kepala Disdukcapil Gresik Khusaini mengatakan, untuk mendapatkan pelayanan tersebut masyarakat hanya menambahkan nomor kontak pelayanan yang tertera ke dalam Aplikasi Whatsapp.

Kemudian, pemohon akan dipandu oleh petugas disdukcapil melalui Whatsapp untuk mengisi form pengajuan serta mengupload foto atau scan dokumen.

“Mulai hari ini kami terapkan layanan Whatsapp, layanan mulai jam 08.00 WIB sd jam 12.00 WIB untuk pengajuan, sedangkan jam 12.00 WIB hingga jam 16.00 WIB proses verifikasi langsung cetak, Rabu (1/4/2020).

setelah mengisi dan upload foto, kemudian pemohon tak perlu antre ke kantor untuk pengambilan. Pihak disdukcapil sudah bekerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk mengantarkan dokumen tersebut ke pemohon.

Nanti teknisnya, dokumen adminduk lama ditarik dan dikasihkan petugas pos yang datang. Secara bersamaan  petugas menyerahkan dokumen atau berkas yang sudah jadi.

Pemohon akan mendapatkan  nomor registrasi. Jasa pengantaran ditanggung pemohon dengan biaya Rp 20.000 .

Diharapkan langkah yang diambil oleh instansinya merupakan salah satu cara agar tetap memberikan pelayanan meski ada wabah virus corona.

Kebijakan ini diambil mengacu kebijakan pemerintah pusat agar melakukan pelayanan adminduk yang intinya mengurangi kerumunan di kantor disdukcapil daerah.

Salah satu layanan online dengan memanfaatkan aplikasi whatsApp diharapkan warga semakin mudah dengan pelayanan adminduk yang diterapkan Disdukcapil Gresik.